Kumpulan informasi dan permasalahan serta solusi sepeda motor


Senin, 16 Februari 2009

Mio Soulfighter

Mio Soulfighter



Ga nyangka kalo motor mio tuh bisa di modif sekeren ini sayang lom isa dapetin bengkel and montir mana yang bisa bikin mio soul jadi kek gini. but ga usah kawatir gw bakal nyari info tentang itu semua buat kalian para pembaca di tunggu aja tanggal maen nya, sabar yeee!!!


Sabtu, 14 Februari 2009

no image

PASANG GIGI POMPA OLI

Salam hormat, Lamgsung aja, mau tanyaseputar honda supra.
  1. Bagaima cara melepas dan memasang gigi pompa oli, tanpa harus bongkar seluruh mesin ?
  2. Dalam kecepatan tinggi terus dilepas, kenapa saat dibuka lagi malah mau mati ? rasanya seperti kekurangan bensin.
JULIPER SINAGA, Bekasi Timur

1. Jarang ada lho pemilik motor yang mau bongkar pompa oli. Biasanya, pompa oli supra tidak harus dilepas walau semua mesin dibongkar. Paling cuma lepas roda gigi dan as pemutar gear pompa oli.
Tapi kalaupun ingin bongkar gear pompa oli, enggak perlu bongkar seluruhnya. Cukup melepas bak kopling sentrifugal dan rumah kopling. Nah, disitu akan tampak rumah gear pemutar oli di crank -case. BAru deh dua baut pengikatnya di kendurkan. Begitu juga jika ingin memasangnya.

2. Gejala seperti itu dipengaruhi dua hal. Biasanya akibat setelan pelampung terlalu irit atau pasang spuyer dan jarum skep dengan setelan boros. Jika diiringi suara ngok dikarburator atau ruang bakar, terus mesin mati, itu tanda kucuran bensin kaya. Maka setingan spuyer atau jarum harus dibikin irit, dengan cara menurunkan angka atau menempatkan klip jarum skep ditengah.
Beda jika grip gas dibuka langsung mati. Itu tanda volume bensin dikarbu minim. Ketika jarum skep terangkat, tak ada bensin yang ikut terisap bersama udara.
no image

BORE UP KAZE SAMPAI BERAPA?

Halllo, Aku mo tanya tentang Kawasaki Kaze-R 1996.

  1. Kenapa waktu mesin dipanasi terdengan ada suara tek..tek..dari dalam ?
  2. Dapat di bore up apa tidak kaze-ku? kalau bisa, maksimal jadi berapa cc ?
  3. Aman apa tidak mesin dibore up untuk dipakai jalan jauh seperti buat mudik.
  4. Apakah ada yang jual paket bore up nya? dimana dan berapa harganya ?
BAMBANG WIJANARKO

1. Suara begitu bisa timbul dari banyak sebab. Bisa dari setelan celah klep kegedean, rantai keteng kendur hingga timbul gesekan serta benturan terutama di Rpm rendah. Atau, bisa juga dari komponenrumah kopling otomatis atau pen dan laher setang piston oblak. Untuk memastikan nya, Bambang mesti cek semua bagian komponen itu, Soalnya, Bambang tidak menjelaskan diposisi mana suara itu muncul. Biar ngga salah, pengecekan dimulai dari komponen yang mudah di periksa.

2. Bisa dong. Nurfaizin mekanik "Langgeng Motor" di Jln. Inspeksi Kali Grogol, Palmerah, Jakarta Barat. kasih trik bore up Kaze sampai 130 cc. Katanya seh bisa pakai piston Blitz Joy oversize 100 (57 mm). Atau bisa juga ambil piston aftermarket macam Izumi diameter 59-60mm. Biar aman, disarankan supaya liner tidak keliwatan tipisakibat dipapas baiknya sih diganti. Doi anjurin begitu lantaran dipasaran nggak ada tuh paket bore up khusus buat Kaze.

3. Aman-aman aja. Yang penting selama awal proses pembuatan benar alias tidak ada salah ukur dari penyesuaian ubahan yang dilakukan. Selain itu, pastikan sirkulasi oli lancar dan menggunakan pelumas sesuai spesifikasi motor.

4. Kan sudah dibilang kalau tidak ada paket bore up buat Kaze di pasaran. Tapi kalau memang ingin bore up, tinggal datang aja ke bengkel umum terdekatyang benar-benar di percaya. Pasti saran mekanik untuk segera membeli piston aftermarket di toko variasi umumnya, sekaligus bawa liner dan piston itu ke bengkel bubut. Nah, biar mekanik ahli yang mengerjakan nya.
no image

TIGER PASANG BAN UKURAN 130

Aku mau tanya soan ganti ban besar di Honda Tiger. Masalahnya kalau mau ganti pelek Tiger jadi lebih lebar, terus pake ban ukuran 150 kiran-kira swing arm bawaan pabrik mampu nelan ga? trus, karena pake ban 150 pasti bibir ban kena rantai, bagaimana biar nggak menggesek tapi tetap center? terima kasih ya semoga dijawab.
RIZAL HARYONO, PONTIANAK.

wahidin punggawa AnggrekCustom Cileduk, tangerang, yang biasa tangani soal modif kaki-kaki kasih komentar. Katanya semua type motor pasang roda lebar ukuran 150/70 di lengan ayun Tiger standarbukan nya nggak bisa dicaplok. Tapi setelah dipasang , masalah lainnya permukaan tapak sebelah kiri ban akan bergesek dengan rantai roda. Kecuali lengan ayun asli diganti punya limbah moge, itupun mesti lakukan penyesuaian di sektor busing as lengan ayun depan-belakang serta serta gir reduksinya.

Saran Wahidin, mending pakai ban ukuran 120 yang tinggal pasangjika tidak ingin ganti lengan ayun limbah. Atau pakai ban ukuran 130 meski harus menambah ring pengganjal ketebalan 2-3 mm dibalik gir belakang. Trik ini tetap menggeser posisi ratai, namun masih dalam toleransi.