Masalah Karburator Pada Kawasaki Ninja 150RR

Rata-rata keluhan para pengguna Ninja bersumber dari permasalahan di karburator.

Untuk model Ninja RR problem yang kerap ditemui adalah bukaan gas yang suka 'nyangkut'. Gejala ini bisa dideteksi dengan terasa beratnya grip gas atau putaran mesin tidak langsung turun saat gas dipelintir dalam-dalam. "Tabung skep tidak memiliki lapisan krom sehingga pergerakan naik turunnya tabung kurang lancar,"

Padahal, lanjutnya, kenikmatan mengendarai sebuah sepeda motor salah satunya dari karakter mesin yang mudah dikendalikan lewat respons pada 'betotan' gas-nya.

Solusi yang paling jitu untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti tabung skep karburator standar tadi dengan milik karburator Keihin PE 28. Bisa juga menggunakan tabung skep PWL 28 . Jika punya dana cukup, solusi paling mudah dengan mengganti total karburator standarnya dengan karburator Keihin PWK 28 atau Keihin PE 28 milik Honda NSR SP.

Setelah itu jangan lupa merawat kebersihan karburator dengan menjaga kebersihan saringan udara/air filter. Gunakan produk orisinal karena dari produsennya sudah dirancang untuk melayani kebutuhan Ninja.

Rutin membersihkan karburator dua bulan sekali juga baik untuk menjaga performa motor tetap optimal. Jika sering melintasi jalan berdebu, rutinitas pembersihan karburator bisa dipercepat.

[Courtesy to anti_slank]
Sumber : Kaskus.us