Tips Pasang Ring 17 di Yamaha Mio | BB Motor

Tips Pasang Ring 17 di Yamaha Mio

Tips Pasang Ring 17 di Yamaha Mio

Pasang ring 17 di yamaha mio - Ups, enggak tahan rasanya melihat skutik pakai lingkar roda ring 17. Ibarat cewek, kayak model berkaki panjang, pokoknya sexy. Apalagi dipadu dengan pelek alumunium warna-warni. Dipastikan lebih bisa menawan hati.

Ring 17 di Yamaha Mio
img: masdoe.com

Sebenarnya gaya lingkar roda ini duluan tenar di Thailand sono, lalu ramai juga di Indonesia. Apalagi makin maraknya skutik bertenaga gajah, yang dipakai balap trek lurus alias drag. Sampai yang hanya ingin gaya ala skutik drag negeri gajah putih Thailand. Semua berlomba-lomba pasang lingkar roda ini.

Namun untuk merubahnya jadi ring 17 artinya butuh jari-jari lebih panjang dari standar yang hanya ring 14. Sebelum bernafsu ganti pelek ring 17 harus tahu daftar belanjaan jari-jari yang cocok untuk modifikasi ini. Karena sudah pasti jari-jari bawaan tidak bisa lagi dipakai.

Pada prinsipnya semua skutik yang memiliki lingkar roda ring 14 memiliki ukuran teromol yang sama. Baik Yamaha Mio, Honda Vario, maupun Suzuki Spin. Berarti kesemuanya bisa menggunakan jari-jari yang sama. “Yang terpenting untuk depan cari jari-jari yang memiliki kode 10x164, sedang yang belakang 10x157,” terang Dikin, tukang setel pelek di kawasan Petukangan Utara, Jakarta Selatan.

ya, biar enggak bingung, 10 itu adalah ukuran baut nipel pada jari-jari, sedang 164 adalah panjang jari-jari. Nah, untuk ukuran 10x164 yang akan dipakai pada roda depan salah satunya bisa ditemui pada jari-jari roda depan Yamaha Force One.

Sedang yang 10x157 untuk roda belakang adalah ukuran yang bisa ditemui jari-jari belakang Kawasaki Binter Merzy. "Atau untuk jari-jari belakang bisa juga menggunakan jari-jari roda depan bawaan skutik dan Jupiter MX," ungkap Agus dari Matic Shop, Ciledug.

Namun karena sedikit lebih panjang harus memotong jari-jari. Urusan potong memotong biar serahkan saja pada tukang setel pelek. Yang jelas cukup siapkan jari-jari tadi sebelum memasang pelek ring 17. Dan siapkan juga dana Rp 40-30 ribuan untuk biaya setel pelek. Jadi deh skutik seksi ala pragawati.

Buat yang mau make ring 17 yang garus diperhatikan adalah ukuran ban maksimum yang dipakai. buat yang mau tampil dengan ring 17 tanpa harus copot2 dek depan & buat ban belakangnya gak mau open filter ukuran ban maksimum buat depan maksimum pake ban ukuran 60 / 80 (2.15). Buat ban belakangnya maksimum 70 / 80 (dengan catatan box filter dimajuin dulu), tapi klo gak mau maju2in box filter pake 60 / 80 aman buat ban belakang...

Daftar belanjaan untuk pasang ring 17 di yamaha mio

1. Teromol Mio
bisa pake merek aftermarket kaya PKM, trusty. kisaran harganya sekitar 300 ribuan

2. Jari - jari
Jari2 bisa pake merek yaguso / tdr, kisaran harga buat yaguso 40 - 45 ribu. buat jari2 TDR 25 - 35 ribuan buat satu velg.

3. Velg 17
Kalo ini ga usah ditanya banyak merek yang beredar kaya TK, TDR, LHK , axioo, zipp, dll.
kisaran harganya mulai dari 360 - 600 ribuan sepasang.

4. Ban 17.
Buat ban yang biasa dipake seperti comet, FDR, mizzle, swallow. kisaran harganya dari 110 - 130 ribu....

Klo mau enak ban depannya biar gak sering2 gesrot bisa pake tabung sok depan aftermarket yg posisi baut rodanya lebih maju daripada orinya...

Credit:  maticholic.com & MKC
Tips Pasang Ring 17 di Yamaha Mio Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaefi Ridho
 

Top