Bore Up Mio " motor matic " | BB Motor

Bore Up Mio " motor matic "

Tampilan skubek Raymond.S ini, tidak dan jauh mencirikan skubek kencang. tapi kenyataannya, Mio 2007 ini sanggup memenggal motor matik lainnya yang langganan merajai trek salah satu ruas jalan di Jakarta Selatan.pantas dan nggak salah kalau dijuluki "srigala berbulu domba".

"Memang sengaja body tidak ada perubahan, biar nggak keliatan motor kencang." kata Raymond, yang juga punya toko variasi di jl. Nirmala, No, 53 Sumur bor cengkareng, Jakarta Barat ini. Pantas hampir semua skubekers penyuka kecepatanpun mudah tertipu tapinlan minimalis itu.

Langsung tanya rahasia mesin yang saksesmengalahkan dominasi lawan. katanya seh tidak seekstrim yang sobat pikir. korekan hanya mengandalkan dua(2) peranti penting. Macam jantung dan hati yang memompa tubuh manusia, piranti itu blok silinder dan setang piston. untuk menjaga kondisi 'jantung' maksimal, part yang digunakan mengandalkan buatan RGS yang dipasok dari Thailand.

Jantungnya alias piston pakai punya RGS, tapi diameter sudah lebih besar dari aslinya yaitu, 58,5 mm. lebarnya diameter piston, bikin kapasitas bengkak jadi 156 cc. gak percaya, coba hitung sendiri. rumusnya, diameter x langkah, ya! pastinya sobat akan dapatkan angka itu deh!

Dilanjut buat menaikkan kompresi. setang piston dari merk sama tetap diandalkan. setang piston ini lebih panjang 2 mmdari ukuran asli yang 57,9mm. sehingga posisi piston lebih naik 2 mm ketika berada di TMA (titik mati atas). dengan begitu, otomatis kompresi jadi lebih padat.

Namun kepala piston harus dibentuk agar masuk ruang bakar dan tidak mentokhead. bagian pinggir piston dipapas 9 derajat sehingga piston berbentuk jenong. "kalo nggak dipapas, piston mentok klep" jelas Nur Aimin alias Boday, pria yang dipercayakan ngoprek mesin.

Tapi, lantaran setang piston lebih panjang itu mengharuskan penambahan paking antara blok silinder dan crankcase sebesar 2 mm. nam,un buat mesin Mio ini penambahan nya hanya 1 mm.

Silinder head pun ikut mengimbangi. per klep dan klep honda sonicpun diadopsi. dengan ukuran klep isap 28 mm dan buang 24 mmditambah cam shaft Kawahara yang berduarasi 260 derajatjuga ikut nimbrung. alhasil dapat meumjang putaran bawah juga atas.

Mau coba...?

KNALPOT LEHER BESAR

aluran buang, pasti jadi tumpuan akhir pendongkrak tenaga. pakai knalpot mer Kawahara yang dipasok komplit berikut mufflernya. dengan begitu, muffler standar tentu dibuang. iya, masa dipasang sekaligus.

Oke balik lagi ke leher knalpot. "produk ini punya diameter leher lebih besar 4 mm ketimbang standar. hasilnya top speed dapat mencapai 140km/jam" bilang Raymond.
Bore Up Mio " motor matic " Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaefi Ridho
 

Top