Kumpulan informasi dan permasalahan serta solusi sepeda motor


Jumat, 16 Oktober 2009

Jupiter Bore-Up With Mio Stuff

| Jumat, 16 Oktober 2009

Bagi ente penyemplak Yamaha Jupiter-Z en mo bikin jupie lo punya tenaga lebih, nih ada salah satu solusinya. Ente bisa pake paket bore up punya Yamaha Mio. Kok mio??

Part bore up Yamaha Mio memang banyak pilihannya di pasaran. Dari yang paket 130 cc sampe yang 350 cc bertebaran. Selain itu, ternyata ruang bakar Mio klop gantiin punya Jupie. Gak perlu ngerubah lubang kruk-as maupun posisi ulir pada keempat bautnya, tinggal leppp….

Reza Renadireksa alias Icha, empunya Matics Corner udah nyoba berimprovisasi dalam hal ini. Dia make satu set silinder blok dan head Mio aftermarket, yaitu blok LHK dengan piston 58,5 mm, setang piston Mio serta pin kruk-as variasi (stroke naik jadi 3,9 mm). Perubahan ini mengakibatkan “perut” Jupie bengkak menjadi 156 cc. Headnya juga pake klep berpayung lebar (klep Honda Sonic in out). Agar klep lebar ga mentok waktu overlap, doi juga ngegusur kem standar dengan kem racing Mio merk LHK no.2. Soal durasi dan tinggi angkatannya, doi ga mau bilang alias rahasia…(bah!).

Karena ruang bakar dah melonjak, sudah seyogyanya aliran bahan bakar juga diperderas. Dicomot deh karbu Keihin PE28 dengan spuyer 48/130. Hal yang perlu diperhatikan disini adalah meski pemakaian blok dan head Mio tidak merubah lubang kruk-as dan posisi 4 baut blok, ternyata hal itu memaksa doi merubah jalur sirkulasi oli. Caranya dapat diakali dengan menambah selang dan nipel di baut bagian kanan bawah dekat knalpot ke baut diatasnya yang berposisi tegak.

Setelah jadi, Jupie 156 cc itu dites di Jalan Gatsu Jaksel. Didukung knalpot YY dan CDI I-Max Remote BRT yang disetting limit 15.000 rpm dimulai dari stage-1 34 derajat di 3.500 rpm sampai stage-8 39 derajat di 11.500 rpm, si Jupie tembus 160 km/jam di jarak 650 meter. Dahsyat…

So, kalo mau ngikut, tunggu apa lagi?? Tinggal hunting part bore-up Mio, kandangin part standar, en kalo masih binun dateng aja ke tempat mangkalnya Icha di Jl. Cinere Raya no.120G, Cienere, Limo, Depok .

Related Posts