Kumpulan informasi dan permasalahan serta solusi sepeda motor


Minggu, 06 September 2015

Cara Pasang Lampu HID

| Minggu, 06 September 2015
Cara Pasang Lampu HID

Pertama, untuk pemasangan HID pengambilan arus haruslah langsung ke accu/aki tidak kaya lampu ori standar yg masih mengikuti putaran mesin. HID ada bermacam-macam, mulai dari satuan kelvinnya, kalau saya pakai HID 6000K (H4)warna putih. Untuk aki, cukup pake yang standar saja alias tidak perlu diganti
.
ninja RR superkips


Selanjutnya pasang lampu HID langsung dari aki, merah ke (+), hitam ke (-)ground. Jangan Lupa supaya tidak tekor aki, kiprok yang semula untuk cas aki dan pengisian lampu standar kan mengikuti mesin, itu yang dicabut, kabel warna kuning dari kiprok (lampu motor standar yang mengikuti putaran gas) di lepas, setiap motor berbeda warna kabelnya, kalau honda warna kuning, setelah di lepas, jadi pengisian ke aki jadi lbh cepat bro, sehingga aki tidak mungkin akan tekor, dan jangan lupa di bungkus dengan isolasi kabel kuning tadi yang di lepas, dan selesai.

Itulah beberapa Langkah Mudah Pasang Lampu HID Pada Sepeda Motor, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin memasang lampu HID pada sepeda motor, tiap motor punya arus listrik penerangan yang berbeda. Beberapa motor punya arus AC, dan DC. Contoh, motor bebek menggunakan arus AC. Coba di motor bebek, meski kontak sudah ON, lampu besar belum mau menyala. Kecuali, mesin dinyalakan.

lampu HID


Sedang motor lainnya, ada yang menggunakan sistem kelistrikan DC atau direct current. Tengok motor sport, lampu depan akan langsung menyala ketika kunci sudah ON, meskipun mesin belum dinyalakan. Maka itu, ketika ingin ganti lampu tipe HID, sebaiknya sistem kelistrikan juga ikut diganti dengan tipe DC. Ini sesuai dengan kebutuhan HID yang tergantung battery alias aki.

Prinsip kerja Lampu Xenon atau lampu HID (High intensity Discharge) Prinsip kerjanya sama dengan lampu neon. Gas xenon dipijarkan oleh pencetus bunga api yang bekerja seperti busi. Jadi pada lampu HID yang terdiri dari tabung atau kapsul yang menyala, terdapat dua elektroda yang berdekatan. Bila dialiri listrik tegangan tinggi, di celah elektroda akan menimbulkan loncatan bunga api yang selanjutnya membuat gas xenon di sekitar elektroda menyala atau menjadi terang.

Kedua elektroda disambungkan ke balast yang terdiri dari sirkuit tegangan tinggi berupa komponen elektronik seperti kapasitor, transistor dan resistor. Balast juga berfungsi sebagai pusat pengontrol lampu, menyalakannya dan mengatur energi yang mengalir ke kabel pijar.


cara memasang lampu HID
lampu HID (High intensity Discharge) menggunakan GAS sebagai ganti kawat pijar / filamen, gas tersebut yg akan ‘berpijar’ dan yg jelas tidak akan pernah putuh layaknya ‘kawat’. Dua buah elektroda / katup logam penghantar diletakkan berdekatan dalam ruang tertutup kabung kaca bersama gas di dalamnya.
Dengan bantuan sebuah Ballast (yg berfungsi sebagai pusat kontrol yg menyalakan lampu dan mengatur aliran dayanya) maka lampu xenon baru dapat dipakai..


 Ketika ballast aktif, maka ia akan menyedot daya kecil dan kemudian menciptakan perbedaan tegangan cukup tinggi di elektroda dalam tabung lampu xenon.. Tegangan inilah yg akan menyebabkan tabrakan partikel yg akhirnya akan membuat atom melepas “proton cahaya” yg akan memendar tanpa pelepasan energi panas (dalam lampu halogen, atom akan melepas proton akibat energi panas dari filamen).

Karena cahaya tercipta dari pelepasan energy dalam gas, maka lampu HID hanya akan menyalakan sekitar 5% dari total output saat pertama kali proses ia menyala, dan membutuhkan sekitar 30 detik untuk pemanasan hingga lampu menyala hingga daya penuh. Jika lampu dimatikan, maka harus menunggu lampu dingin hingga suhu tertentu sebelum lampu bisa dinyalakan kembali.

Skema Pemasangan Lampu HID Pada Motor Dengan Kelistrikan DC Harap dicermati panduan cara pasang lampu hid motor ini diperuntukan bagi sepeda motor yang arus kelistrikannya sudah Direct Current alias DC. Bila arus listrik sepeda motor belum DC harap ikuti panduan Cara Mengubah AC ke DC pada Kelistrikan Sepeda motor terlebih dahulu.

Tips ; untuk cara pasang lampu HID lebih optimal sebaiknya dilakukan secara teliti dan bila masih ada rasa keraguan sebaiknya meminta tolong kepada yg sudah ahli (mechanic).

hasil penerangan memakai lampu HID dari berbagai motor yg sudah menerapkanya :
Gallery lampu HID :

fino lampu HID

honda beat lampu HID

jupiter z lampu HID

ninja rr lampu HID

Related Posts