Kumpulan informasi dan permasalahan serta solusi sepeda motor


Jumat, 12 Februari 2016

Gejala Geredek - Geredek di CVT Yamaha Mio

| Jumat, 12 Februari 2016

Gejala Geredek - Geredek di CVT Yamaha Mio

Gejala Geredek-Geredek di CVT - Motor berjenis skutik punya keuninkan tersendiri dalam komponen transfer daya mesin menuju roda, yakni menggunakan CVT. CVT sendiri memiliki banyak komponen-komponen lain di dalamnya. Akibat usia pakai dan cara penggunaan, komponen tadi bisa rusak.

Gejala Geredek - Geredek di CVT Yamaha Mio
img: metrotvnews.com

Beberapa Kemungkinan Timbul Gejala Geredek - Geredek di CVT

Sliding Sheave
dengan sliding sheave seperti itulah kemungkinan motor bisa mengalami trouble/gredek.
dan satu lagi yang penting seal sliding sheave harus masih bagus apabila seal sliding sudah getas atau kemakan grease CVT bisa keluar semua dan membasahi seluruh bagian CVT yang bisa membuat selip dan mempercepat getasnya Belt CVT

Seat Spring/Tatakan per CVT
dari kedua gambar ini bisa terlihat dengan jelas bahwa didalamnya terlihat perbedaan,bahwa gambar Kedua sudah mengalami perubahan penyebab utama karena grease/stemplet sudah kering,dan kalau sudah seperti itu Seat spring wajib diganti yang ditakutkan kalau dipakai terus bisa berlubang dan bisa mengakibatkan Secondary dan sliding Sheavenya hancur.

Kampas Kopling Set
(-)kampas kopling yang sudah tipis bisa terlihat dari bibir plate dudukan kampas kopling,apabila kampas kopling melebihi bibir plate berarti kampas kopling masih tebel,apabila sejajar kampas sudah mulai menipis.
(-) Per Kopling juga pastikan masih bekerja dengan baik,ciri fisik biasanya kalau per kopling sudah kurang bagus selain sperti berkarat,ditarik pernya lemah.
(-) dumper (karet bulet kecil) berfungsi sebagai bantalan kampas kopling,apabila sudah habis atau peyang mesti ganti totalnya ada 3 Pc.

Service
lakukanlah service berkala terutama dibagian ini.mulai dari 10.000-15.000km,untuk memperkecil part dibagian tersebut rusak

Price List CVT

Harga sudah tersusun berdasarkan urutan Nomor dari 1 s/d 32
NB : harga tidak mengikat sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dari pihak ATPM

Part Substitusi
Jika melihat Harga barang ini dipricelist ATPM terutama seal sliding sheave (No 27 & 28)yang mungkin mahal menurut kita,sekarang kita tidak perlu khawatir karena diluar ATPM ada yang menyediakan barang full set dapat (No. 4,5,6,27,28 & 29)seperti gambar diatas cukup merogoh kocek 60-70k saja.kalau kita di ATPM beli 4 Seal 100k,dengan part substitusinya bisa dapet semua part seperti yang tadi dijelaskan (4 seal+3 Pin guide+spi+2 bearing)

kampas kopling pun bisa di substitusi memakai punya B**t dengan kisaran harga dari 90-110k

Untuk seat spring/tatakan per CVT ini bisa juga disubstitusi menggunakan motor matic berlambang K ini terutama type free LX kisaran harga 20-25k.

Credit: rhendy MKC

Related Posts