Kumpulan informasi dan permasalahan serta solusi sepeda motor


Selasa, 02 Februari 2016

Motor Matic Honda Vario Mesin Tidak Mau Hidup Atau Sulit dihidupkan

| Selasa, 02 Februari 2016
Motor matic honda Vario Mesin tidak mau hidup, ato sulit dihidupkan - Secara umum, sepeda motor proses penyalaan nya akan dipengaruhi oleh tiga faktor utama. Faktor utama tersebut adalah bahan bakar, campuran udah dan pengapian. Ketiga faktor tersebut harus ada pada posisi yang tepat dan pas.

Motor Matic Honda Vario Mesin Tidak Mau Hidup Atau Sulit dihidupkan
img: kitabisadiy.blogspot.com
Satu faktor saja berada pada posisi yang tidak pas, maka bisa dipastikan motor akan sulit hidup. Ketiga bagian tersebut juga akan saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh puisi akan sangat tergantung kepada komponen yang namanya cdi.

Selanjutnya, jika kita ringkas ke dalam beberapa bagian, makan sepeda motor yang sulit hidup bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut. Silahkan disimak.

MESIN TIDAK MAU HIDUP, ATAU SULIT DIHIDUPKAN
1. Pemeriksaan Saluran Bahan Bakar
Lepaskan slang bahan bakar pada karburator dan terapkan tekanan vakum pada fuel auto valve. Apakah bahan bakar mengalir dengan bebas? TIDAK -
• Saluran bahan bakar tersumbat
• Fuel auto valve tersumbat
• Lubang pernapasan fuel tank tersumbat
• Fuel strainer (saringan bahan bakar) tersumbat

YA - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 2.
2. Pemeriksaan Busi
Lepaskan dan periksa busi.
Apakah busi basah?

YA -
• Karburator banjir
• Starting enrichment (SE) thermal valve tidak bekerja dengan baik
• Throttle valve terbuka
• Air cleaner (saringan udara) kotor
• Pilot screw tidak disetel dengan benar

TIDAK - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 3
3. Test Percikan Bunga Api Busi
Jalankan test busi.
Apakah bunga api lemah atau tidak ada bunga api?

YA -
• Busi tidak bekerja dengan baik
• Busi kotor
• Kabel-kabel sistem pengapian longgar atau terlepas
• Kabel busi putus atau ada hubungan singkat
• Ignition coil (koil pengapian) tidak bekerja dengan baik
• Ignition pulse generator tidak bekerja dengan baik
• Kunci kontak tidak bekerja dengan baik
• Ignition control modle (ICM) tidak bekerja dengan baik
• Side stand switch tidak bekerja dengan baik
• Kawat side stand switch putus

TIDAK - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 4
4. Pemeriksaan Kompressi Cylinder
Periksa kompressi cylinder.
Apakah tekanan kompressi sesuai dengan spesifikasi?

TIDAK -
• Klep macet terbuka
• Cylinder dan piston rings aus
• Cylinder head gasket rusak
• Klep macet
• Kontak dudukan klep tidak benar
• Waktu pembukaan klep tidak benar

YA - LANJUTKAN DENGAN LANGKAH 5
5. Kondisi Menghidupkan Mesin
Hidupkan mesin dengan mengikuti prosedur normal.
Apakah mesin hidup tetapi berhenti kembali?

YA -
• SE thermal valve tidak bekerja dengan baik
• Inlet pipe bocor
• Karburator tidak disetel dengan benar
• Karburator tersumbat
• Waktu pengapian tidak tepat (ICM atau ignition pulse generator tidak bekerja dengan baik)
• Bahan bakar tercemar[/CODE]

Related Posts