Jumat, 16 Oktober 2009

Setting Karbu Motor Standar Korek Harian

Meski kita bisa pertahankan karbu standar bawaan pabrik. Korek harian 4-tak tetap perlu ubah setingan pada mesin standart motor seperti papas KEM menjadikan kompresi sudah naik dan kem dikorek, karbu sebagai pemasok gas bakar harus disesuaikan,” Tutur yang di sampaikan Ibe mekanik Bengkel BIM’S di kawasan Ps.Minggu-Jaksel.

Tips yang amat simpel nyeting main-jet dan pilot-jet. “Tidak pake patokan. Soalnya karakter masing-masing motor beda. Kuncinya, rasakan saja dampak di mesin,” Imbuh Sang Mekanik
Lakukan penyetelan gas dan angin secara maksimal. “Jika teriakan mesin pada setelan gas tertinggi kurang njerit, berarti main-jet memang kurang dan harus di naikan angkanya.

Coba naikan 5 angka dulu dari angka standar pabrikan. Setelah itu, coba tarik gas. Jika pada gas tinggi tampak kayak ada kosong, alias ada jeda pada pasokan bensin. “Itu main-jet masih kurang. Bisa naikan satu step lagi, atau jadi 7 atau 7,5 angka. Biasanya, untuk kenaikan itu sudah cukup tinggi.

Sebaliknya, jika saat digas malah terasa mbrebet di putaran atas. Itu artinya, kenaikan main-jet yang dilakukan terlalu besar dan harus diturunin. Selain mbrebet, setelan main kegedean juga berdampak bensin boros. “Bensin terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di busi. Kalau cepat sekali hitam, berarti setelan kegedean pas.

Sementara untuk setelan pilot-jet, gejalanya juga dideteksi dengan beberapa hal. Gejala pertama, jika motor susah hidup setelah dilakukan korekan. “Atau setelah hidup, tapi pada putaran bawah tampak seperti ada kosongnya. Kayak bensin enggak jalan. Itu artinya pilot-jet perlu dinaikan,” katanya.

Cara menaikan juga bertahap. “Sama kayak kenaikan main-jet, coba dinaikan 5 angka dulu,” Ancer-ancer kebiasan yang dilakukan untuk para pelanggannya, Ibe menyetel pilot-jet maupun main–jet untuk motor standar korek, pas pada penambahan antara 5 sampai 7,5 angka.

Tentu saja, tergantung karakter korekan dan jenis karburator. “Tapi dari pengalaman, setingan pilot dan main-jet motor enggak pernah sampai 10. Jenis karburator standar pabrik. Kini motor tunggangan Anda akan sedikit mengalami perubahan pada saat motor di pacu dengan putaran mesin tinggi tapi akan membuat sedikit pasokan bensin yang keluar akan lebih boros.

Tapi perlu di pahami setiap motor akan ada perbedaan pada setiap motor, maka harus dengan cermat serta teliti menjadikan motor bisa membesut kencang di jalan. Dan perlu di ingat hati-hati di jalan saat anda mengendarai motor anda tetaplah untuk konsen saat mengendarai tunggangan Anda di jalan.

Boros Bensin & Kiat Menghemat BBM

Punya sepeda motor standar namun konsumsi bahan bakarnya menjadi boros tentu menjadi tanda tanya pemakainya. Apa penyebabnya?

setidaknya ada lima hal yang menjadi penyebab boros tidaknya konsumsi bensin, seperti:

a. Pertama, situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet, karena meskipun posisi
motor sedang berhenti, namun putaran mesin tidak berhenti.
b. Kedua, kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan tersebut
pengendara motor membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi jalan landai
atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsi
bensin menjadi lebih banyak. Demikian juga pada jalan yang bergelombang, atau
cenderung rusak.

c. Ketiga, cara pemakaian juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketika
motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secara
terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak. Selain itu faktor
lainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin, sehinga settingan mesin telah
mengalami perubahan.

d. Faktor keempat yang turut mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah
suhu. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin
tinggi.
e. Terakhir, kondisi fisik motor. Misalnya, ban kempes atau kurang angin,
penggunaan aksesori body yang berat dan mengakibatkan bertambahnya
hambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan. (ry)


Berikut ini kiat kiat untuk menghemat BBM
BUKA-TUTUP GAS SEIRAMA
Jangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas. “Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah,” jelas Freddy.

Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar deras, tapi enggak sesuai kebutuhan ruang bakar.

JANGAN ENGINE BRAKE
Di harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi enggak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara enggak terbakar sempuran. “Paling bagus pakai rem. Mesin enggak dipaksa berputar,” terang Anggono yang bakal melepas lajang Minggu ini.

HINDARI NGEREM SAMBIL NGEGAS
Ini biasa dilakukan kaum Hawa. Enggak nyadar, rem belakang diinjak, tapi gas tetap manteng. Sekali lagi, rpm dan torsi nggak keluar maksimal. Mirip sama orang mau buang air besar, tapi ditahan. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi sia-sia.

HARAM GEBER DI LAMPU MERAH
Kebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan. “Posisi mesin langsam bisa dianggap saat bahan bakar banyak terbakar. Ditambah lagi main geber. Pasti jadi makin boros,”

JANGAN TERLALU LAMA MANASIN MESIN
Cara lama. Sebelum berangkat ngantor, sekolah, atau kuliah motor dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Ingat lho, posisi mesin langsam bikin bahan bakar terbuang percuma.

Bore Up Suzuki Smash (spec)

Banyak nya motor murah yang di produksi oleh ATPM-ATPM membuat banyak nya motor murah bersliweran di sekitar kita, suzuki smash salah satu nya. tak semua orang membeli motor suzuki smash puas akan performa nya.

banyak nya refrensi untuk ubahan suzuki smash membuat banyak orang bingung mau dibuat apa/atau mo di bore up dengan spec apa, untuk anda yang bingung ini ada sedikit ubahan untuk suzuki smash nya.
ini motor gw
dan udah gw bore up dikit
- pake klep 28/23
- kruk as shogun 125
- blok saher 125
- blok head 125
- saher izumi jenong OS 125 rencana abis lebaran mau pake saher tiger
- noken as by ahon
- karbu 28 PE pj/mj = 50/150
- per klep SONIC
- kampas kopling satria 120 R
- per kopling KRT sekarang pake HRP
- gir 37/14
- knalpot 3D1 racing
- Disc yamaha TZM
- Slang kaliper depan KITACO
- sok belakang punya shogun SP
- kaki di krom[sok depan,kick stater,handle kanan kiri,standart samping,standart tengah,pegangan gir kanan kiri,pool step belakang,gir speedo meter]

ada yang mo nambahin....?

Jupiter Bore-Up With Mio Stuff


Bagi ente penyemplak Yamaha Jupiter-Z en mo bikin jupie lo punya tenaga lebih, nih ada salah satu solusinya. Ente bisa pake paket bore up punya Yamaha Mio. Kok mio??

Part bore up Yamaha Mio memang banyak pilihannya di pasaran. Dari yang paket 130 cc sampe yang 350 cc bertebaran. Selain itu, ternyata ruang bakar Mio klop gantiin punya Jupie. Gak perlu ngerubah lubang kruk-as maupun posisi ulir pada keempat bautnya, tinggal leppp….

Reza Renadireksa alias Icha, empunya Matics Corner udah nyoba berimprovisasi dalam hal ini. Dia make satu set silinder blok dan head Mio aftermarket, yaitu blok LHK dengan piston 58,5 mm, setang piston Mio serta pin kruk-as variasi (stroke naik jadi 3,9 mm). Perubahan ini mengakibatkan “perut” Jupie bengkak menjadi 156 cc. Headnya juga pake klep berpayung lebar (klep Honda Sonic in out). Agar klep lebar ga mentok waktu overlap, doi juga ngegusur kem standar dengan kem racing Mio merk LHK no.2. Soal durasi dan tinggi angkatannya, doi ga mau bilang alias rahasia…(bah!).

Karena ruang bakar dah melonjak, sudah seyogyanya aliran bahan bakar juga diperderas. Dicomot deh karbu Keihin PE28 dengan spuyer 48/130. Hal yang perlu diperhatikan disini adalah meski pemakaian blok dan head Mio tidak merubah lubang kruk-as dan posisi 4 baut blok, ternyata hal itu memaksa doi merubah jalur sirkulasi oli. Caranya dapat diakali dengan menambah selang dan nipel di baut bagian kanan bawah dekat knalpot ke baut diatasnya yang berposisi tegak.

Setelah jadi, Jupie 156 cc itu dites di Jalan Gatsu Jaksel. Didukung knalpot YY dan CDI I-Max Remote BRT yang disetting limit 15.000 rpm dimulai dari stage-1 34 derajat di 3.500 rpm sampai stage-8 39 derajat di 11.500 rpm, si Jupie tembus 160 km/jam di jarak 650 meter. Dahsyat…

So, kalo mau ngikut, tunggu apa lagi?? Tinggal hunting part bore-up Mio, kandangin part standar, en kalo masih binun dateng aja ke tempat mangkalnya Icha di Jl. Cinere Raya no.120G, Cienere, Limo, Depok .

Senin, 12 Oktober 2009

Spec Bore up Motor Mio & Supra xx

gan gw mau ngasi spec motor gw nih....


supra XX thn 2003
-head silinder kop di papas
-kem/noken as pake yg orisinil trus dibubut lg.
-seher/piston gw pake izumi 54,5mm oversize 100
-stang seher orisinil
-valve gede pake sonic..(gw ga tau gedenya klo ga salah 27 & 23 tp masih overlap)
-blok kopling & per kopling gw ganti win...
-karburator mikuni v2
-magnet ganti pake win
-CDI BRT dual band
pernah menang lawan FU 150r


klo mio gw..
-kem gw pake marathon..
-seher pake tiger/neotech 58mm/54mm
-valve tiger
-karburator rx-king
-stang seher orisinil..
-spool gw lilit pake 0,12mm
-CDI iMAX
turun pernah menang lawan satria 110r tp kalah ama MIO juga..
kalah spek mio gw...

shared juga yah spec mesin motor punya lo..

Lima Mitos Berkendara

LIMA MITOS BERKENDARA (Dapat mengancam jiwa anda)

REM DEPAN TERLALU BANYAK DAPAT MENJUNGKALKAN MOTOR. – Hal itu takkan terjadi karena pusat massa berada di bawah. Ban depan akan meleset sebelum ekor motor naik. Manusia punya kebiasaan. Tak mudah menghapus ingatan untuk hanya menggunakan rem belakang. Gunakan keduanya. Bagi yang pernah lihat “Stoppies atau Brakies” di film, itu dilakukan oleh stuntman. Beda dengan cara kita ngerem di jalanan. Jadi, Gunakan juga rem depan ya.

HELM MENYEBABKAN LUKA YANG LEBIH PARAH DARI PADA MENCEGAH. – Helm meresap/meredam energi ketika menghantam sesuatu. Karena energi teredam maka kejutan yang di hantarkan ke kepala pemakai sudah menurun dalam jumlah besar. Jika tak ada helm yang meresap energi maka kepala anda akan menerima momen dari hantaman secara penuh. Ini tentu tidak baik. Helm memang keputusan pribadi.

KETIKA BERBELOK BAN YANG MENYENTUH JALAN LEBIH SEDIKIT DARI PADA KETIKA LURUS. – Ban motor telah menjalani perubahan desain selama 50 tahun. Corakkan ban sekarang telah disesuaikan. Ketika motor menikung miring maka bagian yang mengena aspal lebih banyak sehingga memberikan traksi yang lebih besar. Kita jadi makin pede waktu menikung.

MEMAKAI PAKAIAN MINIM KETIKA UDARA PANAS. – Mekanisme pertahanan tubuh terhadap panas adalah keringat. Lindungi tubuh dengan pakaian yang cukup rapat sehingga keringat tetap bertengger di tubuh anda. Yang ketika menguap membuat tubuh lebih sejuk. Anda pun tentu tak ingin kulit terbakar oleh terik matahari dan angin yg kencang (betul, bisa heat exhaustion ato heatstroke).

KNALPOT KERAS MENYELAMATKAN JIWA– Ini bukan indikator yang benar. Knalpot yang keras hanya akan menjengkelkan pengendara lain, tak ada lebihnya. Penyebab utama mobil menabrak motor bukan karena tidak mendengar suaranya. Tetapi karena tidak melihatnya. Maka jangan maen di Blind Spotnya orang laen.

[Courtesy to adeys]
Sumber : Kaskus.us

Bengkel Spesialis Ninja (Surabaya)


1. KONI MOTOR
Spesialis tune up harian dan dragbike
Jl.Manukan Bakti Blok 20 No.9, Surabaya
Telp: 031-72077807

2. CAPRIN RACING
Cutting stiker & bodywork
Jl.Gubeng kertajaya IIIa/4-6, Surabaya
Telp: 031-5026888

3. TEDJO MOTOR
Spesialis Honda NSR
Jl.Gebang Lor S1, Surabaya
Telp: 031-5945306

4. MAHKOTA MOTOR
Bengkel kondang hingga event dragbike nasional
Jl.Banyu Urip, Sidoarjo

5. MIHONG
Spesialis bubut ,reamer dan bikin gigi rasio
Jl.Dukuh Kupang Barat 1 No.24, Surabaya
Telp: 08158855554

6.MULTI BERLIAN SUPERCANGGIH
Bengkel modifan kaki-kaki, trail, dragbike
Jl.Tempurejo No.5, Surabaya
Telp: 031-3810700

7. TOKO HASIL
Pusat perbelanjaan mur-baut
Jl.Semarang 112, Surabaya
Telp: 031-5453506

8. SUBUR
Bengkel kolter dan bubut motor harian serta balap
Jl.Peneleh Gg.1 No.60, Surabaya
Telp: 031-5352662

9. PLATINA MOTOR
Sparepart original & after market motor lawas serta baru
Jl.Kertajaya No.16, Surabaya
Telp: 031-5020141

10. ARVI SERVICE
Segala perbaikan spido analog & digital
Jl.Undaan Peneleh II/21, Surabaya
Telp: 031-5480738

11. YUDHI MOTOR RACING CLUB
Bengkel perbaikan motor, setel pelek jari-jari & palang, senter bodi
Jl.Tidar 112, Surabaya
Telp: 031-5490647; 70382345

12. SUMBER LOGAM
Toko aneka besi & plat
Jl.Raden Saleh 25, Surabaya
Telp: 031-5468079

13. CHANDRA MOTOR
Toko perlengkapan motocross & balap
Jl.Tembok Dukuh 134 Q (Pertokoan Kalibutuh Indah), Surabaya
Telp: 031-5453208

14. PT CAHAYA SELARAS LESTARI
Krom & pengecatan plastic serta fiber
Jl.Kedung Cowek 183, Surabaya
Telp: 031-3768074; 3768470

15. MEDIA STICKERS
Cuting stiker & cuting art
Jl.Undaan Kulon 65, Surabaya
Telp: 031-5345936; 70993399

16. RAHARDJO DYNAMO REPAIR
Bengkel perbaikan dinamo serta elektro motor
Jl.Kalibutuh 179, Surabaya
Telp: 031-5318598

17. POEN MOTOR
Bengkel motor harian & tune up, untuk drag, trail dan adventure
Jl.Barata Jaya XIX /5B, Surabaya
Telp: 031-5040863

18. AJBS
Supermarket menjual peralatan teknik, mur-baut
Jl.Ratna 14 Blok C-2, Surabaya
Telp: 031-5452250 ext. 129-131

19. AMBON CUSTOM
Bengkel spesialis motor poser berikut pengecatan
Jl.Nginden II/71, Surabaya
Telp: 031-5923358

20. UD TIGA JAYA MOTOR
Menjual Sparepart Kawasaki
Jl.Embong Malang 64, Surabaya
Telp: 031-5314918

21. BETTA STICKER
Jl.Embong Malang 72, Surabaya
Telp: 031-5456926

22. ARI KARYA MONEL
Spesialis pembuat pernik-pernik berbahan monel atau stainles steel
Jl.Raya Semampir 61A, Surabaya
Telp: 031-70335887; 081330123941

23. WRM/WARRIOR MODIFIED
Ahli bubut & pembuat barang handmade custom
Jl.Demak Selatan IV/58, Semarang
Telp: 031-5327672

24. UTAMA MOTOR
Speedshop menjual part-part racing langka,outlet resmi produk daytona
Jl.Urip Sumoharjo 70, Surabaya
Telp: 031-5316050; 5343991

25. HOUTJE MOTOR
Mekanik kondang Jawa Timur, spesialis roadrace hingga kelas nasional
Jl.Manyar Sambongan 8, Surabaya
Telp: 031-5011647

26. GA-OK AIRBRUSH SYSTEM
Airbrusher spesialis realis
Jl.Tenggilis Mulya 6, Surabaya
Telp: 031-8436269

27. AZ AIRBRUSH
Airbrusher spesialis realis
Jl.Bulak Banteng Wetan IV/41, Surabaya
Telp: 031-77071065

28. JHOO
Speedshop & tempat komunitas balap roadrace Jawa Timur
Jl.Manyar Sabrangan V/58A, Surabaya
Telp: 031-5966101; 08165458696

29. GONYEK TIRTO
Spesialis kaki-kaki & elektrik serta multimedia motor
Jl.Tambak Sari Selatan VII/14, Surabaya
Telp: 031-70925000; 0818589734; 08123020656

30. SHANG-X/BANGEK
Spesialis kaki-kaki motor & seting roadrace
Jl.Mejoyo Gg.Baru No.6, Surabaya
Telp: 031-70735822

31. AUDI MOTOR
Bengkel motor harian hingga gokart
Jl.Balongsari Tama 20, Surabaya
Telp: 031-7410365

Sumber : Kaskus.us


Minggu, 11 Oktober 2009

Bengkel Spesialis Ninja (Jakarta)

Chemonk Modified
Jl.Ashirot No.2A, Sukabumi Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Barat.
Telp: (021) 534-9508

Anjany Racing
Jl.Arteri Kelapa Dua No.21, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, 10550
Contact Person: Angga [021-53679239; 08129456913]

KNC-TPZ PitStop
Jl.U, Komplek Sandang D10, Jakarta Barat, 11480.
Contact Person: Simas [08159644410]

Nen's Motor Knalpot (Anen)
Jl.Raya Kedoya No.10, Jakarta Barat.
HP: 081382115125

D2M
Jl.Kapin Raya, No.1, Pondok Kelapa ( Kalimalang ), Jakarta Timur
Telepon : (021) 26232602

Sportisi Motorsport
Jl.Cempaka Putih Raya 112D, Jakarta Pusat
Telp: 021-4245811
Email: bprayogo2000@cbn.net.id

Dapurpacu
Jl.Delima Raya No.31, Malakasari, Jakarta Timur
Contact Person: Bang Syarif [021-915 747 99]

JANCUMAN / ARIO
JL.Taman Harapan Baru Blok F3/5, Bekasi (deket Pondok Ungu / Harapan Indah)
Telp: 021-92197106; 081513919991
Email: hondacb_100@yahoo.co.id

MOTOR BATANGAN (NINJA)

TANGKI Rp. 200.000
COVER SAMPING/BODI SAMPING/PCS Rp.125.000
ARM Rp75.000
RANGKA Rp150.000
TANGKI,COVER,ARM,RANGKA Rp600.000

beberapa hasil pengerjaan
SCORPIO
Dekat Universitas Mercubuana, Jakarta Barat
Contact Person: HERU [Kepala Mekanik][08161451946]

Sinar Cileduk
Bengkel Ninja Juga + Terima BUBUT dan Patah Tulang
Contact Person: Willy aka Frogs [081311481415]

Laksa Motor Station
Modifikator dan Toko variasi
Toko: Jl.Dr.Satrio No.39, Casablanca, Jakarta Selatan
Bengkel: Jl.Karet Pedurenan Gg.Sidik No.100, Karet Kuningan, Jakarta.
Contact Person: Aming Aliwarga [021-5254385 / 5253536; 08176886889]

SERIBU DOLOK
Distributor Ban Battlax
Jl.Kebon Jeruk III No. 6
Telp: 021.6497275

Jatayu Motor Sport
Jl.Tubagus Angke Komplek Taman Harapan Indah Blok Q No.29, Jakarta Barat.
Contact Person: Budi [0811839391]

BRIDGESTONE MOTORSPORT (BSM)
Buat yg lagi nyari ban motor di toko ini saja, lengkap murah & ada perlengkapan helm, jaket kulit dll.
Brand holder merk Bridgestone, Battlax dan SPIDI (baju balap)
Khusus Bridgestone dia yg pegang brand buat motor & gokart di Indo. Harganya juga miring, service memuaskan.

Contact Person: Ibu Walla [021-765 4084]
Jl.Pangeran Antasari No.32 Jakarta
(toko masih dalam renovasi, buka lagi setelah lebaran)

Polaris Motor
Distributor TK Racing
Jl.Kebon Jeruk III/51, Jakarta Barat
Telp: 021-6592128
Fax: 021-6598971

Berkat Motor
Specialist Modification
Jl.Raya Cileduk 1A
Contact Person: Rudi Gunawan [021-5847631; 081808399777]

PRO SE
Jl.Kebon Jeruk III No.25, 72, Jakarta Pusat
Telp: 021-6243230

Juragan Helm-Agus
Spesialisasi: Helm

AHRS Racing
Spesialisasi: Exhaust, Race Apparel

Dysha Motor Sport
Spesialisasi: Performance Parts

Cahaya Motor
Spesialisasi: Aftermarket Parts
Status Web: Online/Updated

Cool-ID
Spesialisasi: Jaket Kulit

Hobby Motor
Spesialisasi: IU

Siam MotoShop-Frans
Spesialisasi: After Market Parts

ProBike
Spesialisasi: IU

HotPipes
Spesialisasi: IU, Accessories

MotoMart
Spesialisai: Givi products, helm & accessories

Sumber : Kaskus.us


Masalah Karburator Pada Kawasaki Ninja 150RR

Rata-rata keluhan para pengguna Ninja bersumber dari permasalahan di karburator.

Untuk model Ninja RR problem yang kerap ditemui adalah bukaan gas yang suka 'nyangkut'. Gejala ini bisa dideteksi dengan terasa beratnya grip gas atau putaran mesin tidak langsung turun saat gas dipelintir dalam-dalam. "Tabung skep tidak memiliki lapisan krom sehingga pergerakan naik turunnya tabung kurang lancar,"

Padahal, lanjutnya, kenikmatan mengendarai sebuah sepeda motor salah satunya dari karakter mesin yang mudah dikendalikan lewat respons pada 'betotan' gas-nya.

Solusi yang paling jitu untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti tabung skep karburator standar tadi dengan milik karburator Keihin PE 28. Bisa juga menggunakan tabung skep PWL 28 . Jika punya dana cukup, solusi paling mudah dengan mengganti total karburator standarnya dengan karburator Keihin PWK 28 atau Keihin PE 28 milik Honda NSR SP.

Setelah itu jangan lupa merawat kebersihan karburator dengan menjaga kebersihan saringan udara/air filter. Gunakan produk orisinal karena dari produsennya sudah dirancang untuk melayani kebutuhan Ninja.

Rutin membersihkan karburator dua bulan sekali juga baik untuk menjaga performa motor tetap optimal. Jika sering melintasi jalan berdebu, rutinitas pembersihan karburator bisa dipercepat.

[Courtesy to anti_slank]
Sumber : Kaskus.us

Tips Membeli Motor Seken

Anda berminat untuk membeli motor bekas, usahakan untuk berhati-hati dan perhatikan motor itu sendiri. Karena tidak sedikit pula pembeli yang kecewa karena kesalahan mereka sendiri yang kurang berhati-hati memilih motor bekas tersebut. Langkah yang dapat anda lakukan adalah :

Langkah ke-satu cek harga pasaran.
Sebelum anda melakukan pencarian motor bekas yang akan anda beli, sebaiknya lakukan cek harga pasaran terlebih dahulu baik dari koran, majalah.

Langkah ke-dua cek nomor rangka dan mesin motor.
Periksa nomor rangka dan mesin motor, lalu sesuaikan dengan nomor rangka serta nomor mesin yang tertera pada STNK maupun BPKB.

Langkah ke-tiga cek kondisi fisik.
Periksa kondisi body, spion, baut, dan lain sebagainya, apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak ataupun pecah. Usahakan juga akan lebih baik jika semua yang menempel pada motor adalah parts orisinil.

Langkah ke-empat cek kondisi oli.
Usahakan buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran Oli tidak berlebihan, karena Oli yg berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yg mungkin berbunyi kasar atau berisik.

Langkah ke-lima cek speedometer.
Pastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat jumlah berapa km yang telah ditempuh oleh motor tersebut. Jika diatas 20.000 km maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera anda diganti. Tentunya akan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Langkah ke-enam hidupkan mesin motor.
Coba hidupkan mesin motor tersebut, apakah bisa stationer atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm. Serta pastikan juga bahwa tidak ada bunyi-bunyian yang kasar didalam mesin.

Langkah ke-tujuh cek perpindahan gigi.
Jalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Satu lagi yang perlu diperhatikan juga adalah, jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan. Kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.

Langkah ke-delapan cek rangka atau sasis motor.
Perhatikan kelurusan roda depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak ada kebengkokkan. Jalankan sekitar 40km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk pastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.

Langkah ke-sembilan cek kebocoran.
Usahakan anda dapat mencoba jalankan motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 500meter. Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Atau adanya air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.

Langkah ke-sepuluh cek kondisi kelistrikan.
Periksa juga kelistrikan dan lampu-lampu seperti lampu depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau elektrik stater motor. Apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki tidak ada permasalahan.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa sesuaikan harga yang ditawarkan oleh penjual dengan kondisi motor yang akan dijual tersebut. Karena setiap motor tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing...

[Courtesy to adeys]
Sumber : Kaskus.us


Tips Mencopot Stiker pada Body Motor

Terkadang kita akan membuka stiker yang berada di badan kendaraan kita, tetapi sisa lemnya masih melekat kuat dan susah untuk dihilangkan. Untuk menghilangkan bekas lem tersebut, kita bisa menggunakan minyak kayu putih dan selembar kain bersih untuk mengelapnya, pasti sisa lem yang tadi susah dihilangkan sekarang tidak ada bekasnya lagi.

Tips mencopot stiker bodi motor
Desain bodi motor yang terlalu simpel kayaknya udah nggak bisa diapa-apain lagi kalo pengen dimodifikasi. Saking simpelnya pernak-pernik yang ada di bodi juga nggak banyak. Paling cuma ditempelin stiker-stiker doang sama pabriknya. Yah, mungkin biar ada sedikit aksen aja kali. Tapi kalo nggak suka stiker yang ada di bodi standar pabrik, mending dilepas aja. Entah itu pengen ngeganti sama stiker yang desainnya lebih keren, atau pengen bodi dibikin polos aja tampilannya.

Tapi nyabut stiker itu nggak boleh sembarangan. Salah-salah bisa bikin bodi rusak atau kebaret. Ikutin deh langkah-langkah aman buat nyopot stiker bodi motor berikut ini!

1. Identifikasi stiker
Sebelum mulai mencopot, pertama identifikasi dulu stiker yang pengen dibuang. Ini penting jack! Pasalnya ada stiker yang emang penting dan harus ada di motor. Contohnya kayak sticker cara perawatan motor. Sebaliknya yang nggak penting, kayak sticker imej di bodi, boleh-boleh aja dicopot.

2. Prioritas
Setelah proses identifikasi selesai, berikutnya cari sticker mana yang susah dan yang gampang dicopot. Yang susah tuh kalo sticker yang nempel dilapisi pake clear coat. Yang gampang tentu aja sticker yang ditempel begitu aja tanpa dilapisi apapun. Dari sini bisa ditentuin mana yang pengen dikerjain lebih dulu.

3. Mencopot sticker tanpa clear coat
Yang ini agak cepet ngerjainnya, apalagi kalo motornya masih baru. Biasanya tuh sticker belum nempel-nempel banget, lantaran lemnya belum rekat banget. Bisa aja langsung dicopot setelah mencungkil bagian ujung-ujungnya pake kuku. Tapi saat mencungkil harus hati-hati, bisa-bisa cat bodi ikutan terkelupas. Biar lebih aman, panasi dulu sticker pake hair dyer. Panas dari hair dryer bakal mengurangi kerekatan lemnya.

4. Mencopot sticker dengan clear coat
Bagian ini agak susah lantaran harus 2 kali kerja. Pertama adalah mencopot dulu pelapisnya. Setelah itu baru mencopot stickernya. Biar gampang, caranya sih nggak jauh beda dengan cara sebelumnya. Panasin dulu sticker dan pelapisnya yang pengen dicopot, setelah itu baru dikerjain pencopotannya.Biasanya nggak cukup sekali aja pemanasan dengan hair dryer-nya. Pemanasan pertama adalah buat mencopot pelapis, dan pemanasan kedua buat mencopot stickernya.

5. Panasi berulang-ulang
Sebenernya pemanasan nggak cukup dilakuin sekali aja di awal sebelum nyopot sticker. Selama pencopotan kalo bisa pemanasan dilakuin terus-menerus, soalnya siapa tau lemnya cepat mengeras lagi. Lakuin terus pemanasan denganhair dryer sampai sticker tercopot semua.

6. Semprot cairan pembersih
Setelah sticker berhasil dicopot semua pake cara tadi, biasanya jarang ada bekas lem yang tertinggal. Tapi nggak ada salahnya buat ngebersihin tempat bekas sticker nempel. Caranya bisa memakai semprotan pembersih, misalnya WD-40

Sumber : http://goblogit.wordpress.com/2008/1...da-body-motor/

Solusi Super KIPS Macet

Katup Super KIPS di Kawasaki Ninja generasi Euro 2 bisa macet. Kalo udah macet, akselerasi & top-speed langsung drop. “Macet karena tumpukan kerak sisa gas buang. Jadi gerak putarnya terhambat. Tapi, nggak perlu diganti. Cukup dibersihin kayak servis kepala silinder,” bilang Freddyanto Basuki, bos divisi servis PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Sejatinya katup Super KIPS buat nambah power. Ia membuka setelah mesin berkitir sampai 7.000 rpm. Di rpm bawah, akselerasi motor bagus karena katup Super KIPS nutup. Sehingga bukaan lubang eksos tidak besar. Di rpm atas, top speed-nya laju karena katup KIPS membuka liang eksos tambahan. Alhasil, gas buang lebih lancar & cepat.

“Super KIPS juga guna memenuhi standar emisi Euro 2. Jika Super KIPS macet, semua tujuannya gak jalan,” jelas Freddy, sapaan Freddyanto Basuki. Dia kasih tips jika Super KIPS macet.
Buka aja karet penutup Super KIPS di depan cylinder-head. Mengeceknya, buka gas ampe 7.000 rpm. Jika gigi-gigi Super KIPS tak bergerak, tandanya komponen ini macet. “Mestinya di rpm 6.000, gigi-gigi Super KIPS mulai gerak dan membuka penuh setelah 7.000 rpm,” jelas Freddy lagi.

Kalo udah ketauan macet, buruan betulin. Bisa dikerjain sendiri kok. Siapin obeng plus, kunci ring 10 dan 8 serta kunci L 5. Mulai dengan buka fairing samping pake obeng plus.

Copot karet pelindung Super KIPS.


Lalu lepas batang pemutar katup Super KIPS. Buka putar ke kanan (Clockwise) pakai kunci ring 10.

Copot rumah Super KIPS. Lepas kedua baut pengunci dengan kunci ring 8. Buka putar ke kiri (Anti Clockwise).

Sekarang sudah tampak mekanis Super KIPS. Awas, buka murnya beda dengan baut umumnya. Buka putar ke kanan (Clockwise). Kencengin, putar ke kiri (Anti Clock Wise).

Sekarang tampak gigi mekanis Super KIPS, perhatikan bagian atas gigi mekanisnya, ada titik. Saat dipasang nanti, titik ini kudu ada di tengah 2 titik yang ada di gigi katup Super KIPS.

Kini, katup penutup Super KIPS sudah kelihatan. Lepas dua baut pengunci katup pake kunci L 5. Mencabut katup mesti bantu cungkil dengan obeng min. Posisi nyongkelnya pilih yang gak ngerusak permukaan kepala silinder.

Sekarang bersihkan. Jika ada cairan carburetor cleaner bisa disemprotkan dulu agar kerak melunak. Kalo nggak ada, kikis aja dengan ampelas halus ukuran 1.000 agar tidak mengikis besi katup.

Setelah itu lumasi dengan grease (oli gemuk) Hi-Temp, bisa merek apa aja. Kalau saya pake grease merek Top 1 kebetulan di gudang ada orang bengkel mesin yg pake oli top 1 sebagai pelumas utk pembakaran suhu tinggi...ukuran 1 kaleng sekitar 20rban kalo ga salah.

Setelah pake grease Hi-Temp..no more macet any more....mo santai or ngebut...ayuh bae juragan......

Sumber : Kaskus.us

Majalah dan Tabloid Motor

Superbike Magazine - Juli 2008
http://www.indowebster.com/SBK_07_08.html
mirror : http://www.adrive.com/public/41e59e8...0c0b9586b.html (thanks to "kotakamal")

Superbike Magazine - June 2008
http://www.adrive.com/public/1386930...68d25246f.html (thanks to "kotakamal")

Superbike Magazine - May 2008
http://www.indowebster.com/SBK_05_08.html
mirror : http://www.adrive.com/public/79cd73b...b55bcfb12.html (thanks to "kotakamal")

Superbike Magazine - April 2008
http://www.adrive.com/public/594f9c8...f2bbb2449.html (thanks to "kotakamal")

Superbike Magazine - March 2008
http://www.adrive.com/public/686bb73...f77a88ccf.html (thanks to "kotakamal")

Superbike Magazine - November 2007 (thanks to "kotakamal")
http://www.adrive.com/public/2b8d0cd...882c0f315.html

Superbike Magazine - October 2007 (thanks to "kotakamal")
http://www.adrive.com/public/2c39909...46dd664a5.html

Superbike Magazine - September 2007 (thanks to "kotakamal")
http://www.adrive.com/public/ffe59fb...18b3f87c3.html

Superbike Magazine - Agustus 2007 (thanks to "kotakamal")
http://www.adrive.com/public/9b501de...06107ad7d.html

Superbike Magazine - Juli 2007
http://www.adrive.com/public/e374c64...99efe193c.html (thanks to "poho & kotakamal")

Superbike Magazine - Juni 2007
http://www.adrive.com/public/95f8f95...9e41e304f.html (thanks to "poho & kotakamal")

Superbike Magazine - May 2007
http://www.adrive.com/public/11c5fec...ed54e990e.html (thanks to "poho & kotakamal")

Superbike Magazine - April 2007
http://www.adrive.com/public/f0d84ea...e3c3b1c47.html (thanks to "poho & kotakamal")

Superbike Magazine - Maret 2007 (thanks to "kotakamal")
http://www.adrive.com/public/271d66f...ae91f2cc5.html

Motocross Action Magazine - October 2006 (thanks to "kotakamal")
http://www.adrive.com/public/c91f301...9ab2a6d81.html

Motocross Action Magazine - June 2006 (thanks to "kotakamal")
http://www.adrive.com/public/df8764a...e73714dc3.html

Motocross Action Magazine - May 2006 (thanks to "kotakamal")
http://www.adrive.com/public/78d01aa...73693c40e.html

Motocross Action Magazine - April 2006 (thanks to "kotakamal")
http://www.adrive.com/public/c1316a8...88c0f5aaa.html

Motocross Action Magazine - March 2006 (thanks to "kotakamal")
http://www.adrive.com/public/d64a1dd...8a3290a42.html

Motocross Action Magazine - Februari 2006 (thanks to "kotakamal")
http://www.adrive.com/public/65fc52d...ff550fb05.html

Motocross Action Magazine - January 2006 (thanks to "kotakamal")
http://www.adrive.com/public/45e9c82...0867d6c83.html


Buku - buku Tehnik Umum Wajib Buat Bikers

Kalo menurut gw buku ini penting, (ko bisa) ya bisa lah. dibuku ini di bahas segala macam tuning untuk motor entah itu 2Tak or 4Tak.

dan mohon maaf bukan nya gw males nulis nya tapi kebanyakan jadi gw kasih aja link buat nyang mau donlot ( dari forum sebelah nih ) moga berguna buat rekan-rekan sekalian.

1. Two-Stroke Performance Tuning 2nd Edition by A. G. Bell

Link :
http://www.kitaupload.com/download.p...f_Tune_AGB.pdf
mirror : http://www.indowebster.com/2T_AGB.html (thanks to "kbh")

2. Two-Stroke Tuner's Handbook by Gordon Jennings

Link :
http://www.kitaupload.com/download.p...onJennings.pdf
mirror : http://www.indowebster.com/2T_GJ.html (thanks to "kbh")

3. Four-Stroke Performance Tuning 2nd Edition by A. G. Bell
lagi proses re-uploading

4. Four-Stroke Performance Tuning 3nd Edition by A. G. Bell

Link :
http://www.indowebster.com/4T_AGB_3ED.html (140MB)

5. Teknik Sepeda Motor (thanks to "ha ha ha")

Link :
Jilid 1 http://bse.invir.com/bse-smk10.html
Jilid 2 http://bse.invir.com/bse-smk11.html
Jilid 3 http://bse.invir.com/bse-smk12.html

6. Performance Riding Techniques: The MotoGP manual of track riding skills (thanks to "mangbilly")

Link :
http://rapid*share.com/files/5405314...techniques.pdf

7. Performance Tuning in Theory & Practice by A. G. Bell (thanks to "jinramtam")

Link :
http://www.adrive.com/public/1e33d63...894453e44.html