Kumpulan informasi dan permasalahan serta solusi sepeda motor


Sabtu, 14 Februari 2009

PASANG GIGI POMPA OLI

| Sabtu, 14 Februari 2009
Salam hormat, Lamgsung aja, mau tanyaseputar honda supra.
  1. Bagaima cara melepas dan memasang gigi pompa oli, tanpa harus bongkar seluruh mesin ?
  2. Dalam kecepatan tinggi terus dilepas, kenapa saat dibuka lagi malah mau mati ? rasanya seperti kekurangan bensin.
JULIPER SINAGA, Bekasi Timur

1. Jarang ada lho pemilik motor yang mau bongkar pompa oli. Biasanya, pompa oli supra tidak harus dilepas walau semua mesin dibongkar. Paling cuma lepas roda gigi dan as pemutar gear pompa oli.
Tapi kalaupun ingin bongkar gear pompa oli, enggak perlu bongkar seluruhnya. Cukup melepas bak kopling sentrifugal dan rumah kopling. Nah, disitu akan tampak rumah gear pemutar oli di crank -case. BAru deh dua baut pengikatnya di kendurkan. Begitu juga jika ingin memasangnya.

2. Gejala seperti itu dipengaruhi dua hal. Biasanya akibat setelan pelampung terlalu irit atau pasang spuyer dan jarum skep dengan setelan boros. Jika diiringi suara ngok dikarburator atau ruang bakar, terus mesin mati, itu tanda kucuran bensin kaya. Maka setingan spuyer atau jarum harus dibikin irit, dengan cara menurunkan angka atau menempatkan klip jarum skep ditengah.
Beda jika grip gas dibuka langsung mati. Itu tanda volume bensin dikarbu minim. Ketika jarum skep terangkat, tak ada bensin yang ikut terisap bersama udara.

Related Posts